Cara Merawat Tanaman Hias Indoor

Cara Merawat Tanaman Hias Indoor

Bewellbook – Bagi Anda yang hobi berkebun, pasti memiliki beberapa jenis tanaman yang banyak ditanam di rumah. Tentu ada banyak alasan mengapa Anda menanam tanaman atau tanaman ini di rumah, terutama di dalam ruangan. Dengan jenis tanaman yang berbeda tentunya diperlukan perawatan yang baik agar pertumbuhannya optimal. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan cara merawat tanaman hias, khususnya tanaman hias dalam ruangan yang memang sengaja digunakan untuk menghias interior rumah Anda. Jenis tanaman hias yang digunakan untuk mempercantik ruangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu tanaman hias berbunga dan tanaman hias daun. Contoh tanaman hias berbunga adalah anthurium dan anggrek. Sedangkan untuk tanaman hias berdaun seperti caladium, aglaonema, philodendron dan calathea. Berikut artikel Bunga Papan Makassar.

Merawat tanaman hias untuk mempercantik ruangan

Jika Anda sedang memilih tanaman hias sebagai salah satu dekorasi interior rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tanaman Anda tidak mati sia-sia. Tanaman hias yang dimaksudkan untuk mempercantik rumah memerlukan perlakuan khusus yang tentunya sedikit berbeda dengan tanaman yang ditinggalkan di luar rumah. Berikut beberapa cara merawat tanaman hias khusus untuk tanaman hias dalam ruangan:

Keluarkan tanaman hias Anda sesering mungkin

Meskipun tanaman hias dalam ruangan dimaksudkan untuk berada di dalam ruangan rumah, matahari tetap menjadi elemen penting bagi tanaman untuk tumbuh dengan baik. Jadi alangkah baiknya jika selama satu hari dalam seminggu tanaman hias Anda masih disingkirkan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup. Ini juga akan membantu dalam proses fotosintesis, terutama untuk tanaman berbunga hias.

Sesuaikan suhu ruangan dengan daya tahan tanaman

Tidak semua tanaman membutuhkan udara sejuk, beberapa lebih cocok untuk udara hangat. Juga, jika udara segar tidak datang secara alami, tetapi dengan AC atau pendingin udara. Tanaman hias yang sering dijumpai di ruangan ber-AC cenderung lebih kering dan warnanya akan memudar atau berubah. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memiliki referensi yang cukup untuk memilih jenis tanaman yang tahan terhadap suhu udara rendah. Selain itu, Anda juga harus mencabut tanaman dari waktu ke waktu agar mendapat sinar matahari yang cukup.

Bersihkan ornamen Anda dari debu lengket sticky

Tidak seperti tanaman yang tumbuh di luar ruangan, tanaman hias dalam ruangan cenderung memiliki paparan angin yang lebih sedikit. Artinya, debu yang menempel di permukaan bunga atau daun tidak bisa ditiup. Debu yang lengket ini selain merusak pemandangan juga dapat menutup pori-pori daun yang dapat mengganggu proses fotosintesis. Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus rajin membersihkan tanaman hias dengan dust collector minimal 1 kali dalam 3 hari.

Ganti pot secara teratur

Tanaman hias yang ditanam di dalam ruangan juga mengalami pertumbuhan tinggi badan. Oleh karena itu, cara terakhir untuk merawat tanaman hias dalam ruangan adalah dengan mengganti pot secara berkala, terutama jika ukurannya sudah terlihat besar.

Itulah beberapa cara merawat tanaman hias yang bisa Anda lakukan di rumah. Menggunakan tanaman sebagai dekorasi di dalam rumah bisa menyegarkan suasana. Namun, Anda harus selalu memperhatikan cara merawat dan membersihkan tanaman agar terus berkembang secara optimal. Jangan sampai tanaman hias di dalam rumah Anda membuat kotor dan merusak tampilan interior rumah.

Referensi: Karangan Bunga Makassar

Anda mungkin juga suka...