Cara Menggabungkan Potrait dan Landscape Dalam Satu Dokumen Word

Bewellbook –¬†Saat Anda menulis dokumen menggunakan Microsoft Word, orientasi default kertas atau dokumen yang digunakan adalah potret. Namun terkadang dalam dokumen sesuatu harus ditulis dalam orientasi lanskap. Misalnya untuk membuat tabel, di mana jika Anda menggunakan orientasi portrait, maka akan ada kolom yang tidak dimuat, sehingga Anda perlu mengubahnya menjadi landscape.

Dalam kasus seperti itu, cara mengubah orientasi dokumen dari potret ke lanskap sangat sederhana, cukup klik Orientasi di alat Tata Letak. Namun, masalahnya adalah ketika Anda mengubah orientasi halaman yang diinginkan menjadi lanskap, semua halaman dalam dokumen secara otomatis akan berubah menjadi lanskap. Meskipun ingin menggunakan orientasi lanskap, namun hanya beberapa halaman dan yang lainnya yang masih menggunakan orientasi potret.

Kebanyakan orang akan membuat halaman lanskap dalam dokumen yang berbeda. Oleh karena itu terdapat dua dokumen yang isinya menggunakan orientasi potret dan lanskap. Jika Anda melakukan hal seperti ini tentunya akan sangat merepotkan. Karena mereka harus membuat dokumen baru dan salah satunya mungkin tersebar di kemudian hari. Bahkan, Anda bisa menggunakan orientasi potret dan lanskap dalam satu dokumen atau menggabungkan orientasi potret dan lanskap dalam satu dokumen Word. Jadi Anda tidak perlu membuat dokumen baru hanya untuk membedakan horizontal dan vertikal.

Gabungkan potret dan lanskap di dokumen Word

Bagi Anda yang belum tahu, Microsoft Word telah menyediakan fitur yang memungkinkan Anda menggabungkan potret dan lanskap dalam satu dokumen Word. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menambahkan beberapa langkah ke langkah biasa untuk mengubah arah. Untuk lebih jelasnya, artikel ini membahas dua cara yang bisa digunakan. Artinya, lakukan perubahan secara langsung melalui layout atau gunakan fitur breakout Microsoft Word.

1. Langsung melalui tata letak

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan mengubah orientasi kertas secara langsung melalui tata letaknya. Agar lebih jelas, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Pertama, buka dokumen Word Anda, lalu klik Ribbon Layout> Layout (panah di sudut kanan bawah alat tata letak).
  2. Di jendela Layout, Anda akan melihat orientasi bingkai. Klik pada jenis orientasi yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin membuat halaman lanskap, klik Lansekap. Kemudian, di bagian Terapkan ke: pilih Dari titik ini. Kemudian klik OK.
  3. Setelah mengklik OK di jendela Page Setup, dokumen Anda akan menampilkan halaman baru dalam orientasi lanskap. Jadi yang perlu Anda perhatikan di sini adalah yang akan mengubah jenis orientasi adalah halaman berikutnya dari posisi kursor terakhir. Jadi, misalkan Anda ingin mengubah halaman 4 menjadi lanskap, Anda perlu mengklik bagian bawah halaman 3 terlebih dahulu, lalu masuk ke tata letak dan ubah orientasi ke lanskap seperti di atas.

Hal yang sama juga berlaku jika Anda ingin beralih kembali ke orientasi potret di halaman berikutnya. Jadi dalam dokumen Anda akan ada dua jenis panduan yang akan digunakan secara bersamaan.

2. Menggunakan fungsi jeda

Jika sebagai langkah awal Anda bisa langsung mengubah orientasi halaman menjadi portrait atau landscape secara langsung melalui pengaturan halaman, cara ini akan sedikit berbeda. Cara kedua untuk menggabungkan potret dan lanskap dalam dokumen Word adalah memanfaatkan fitur jeda Microsoft Word.

  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka dokumen Word Anda. Kemudian, di jendela utama Microsoft Word, klik pita Tata Letak.
  2. Kemudian klik Breaks.
  3. Di bagian Hentian bagian, klik Halaman berikutnya atau Berikutnya.

Apa bedanya? Jika Anda memilih Halaman berikutnya, halaman baru akan dibuat dan isi dokumen setelah kursor pada halaman ini akan dipindahkan ke halaman baru, yang sama seperti menggunakan metode pertama. Sedangkan bila Anda memilih Continuous tidak akan membuat halaman baru, tetapi isi dokumen setelah kursor pada halaman tersebut akan terus berpindah ke halaman berikutnya saat orientasinya berubah. Jadi jika ingin membuat halaman baru sebaiknya pilih Next Page, namun jika halaman yang ingin diubah menjadi landscape sudah memiliki konten, sebaiknya pilih Continuous.

Selanjutnya, klik halaman yang orientasinya ingin Anda ubah, klik alat Orientasi dalam tata letak, dan pilih jenis orientasi yang diinginkan (Potret atau Lansekap), dan klik OK.

Hasilnya adalah Anda berhasil menggabungkan potret dan lanskap dalam satu dokumen Word.

Ini adalah dua cara untuk menggabungkan potret dan lanskap dalam dokumen Word. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan kedua orientasi kertas ini secara bersamaan dalam satu dokumen tanpa harus membuat dokumen baru. Maka tentunya pekerjaan anda akan cepat selesai, bersih dan kedepannya anda tidak perlu khawatir lagi mencari dokumen karena tidak terpisah-pisah.