Cara Membuat Portrait dan Landscape di Word

Cara Membuat Portrait dan Landscape di Word –¬†Biasanya saat kita menggunakan aplikasi Microsoft Word, halaman otomatis terbuka secara vertikal. Tetapi bagaimana cara membuat tata letak vertikal dan horizontal pada file dokumen di MS Word? Dia bisa? Jawabannya tentu saja bisa.

Microsoft Word memberi Anda kebebasan untuk menentukan tata letak yang akan Anda gunakan. Apakah Anda ingin menggunakan potret? Atau lanskap? Atau Anda ingin menggunakan layout atau halaman vertikal dan horizontal secara bersamaan di dokumen Word?

Misalnya, saat Anda bertugas membuat tabel transaksi penjualan untuk sebuah perusahaan beserta penjelasannya. Karena membuat tabel transaksi membutuhkan banyak ruang, Anda bisa menggunakan tata letak vertikal. Adapun penjelasannya bisa menggunakan tata letak horizontal.

Membuat dokumen untuk contoh ini dapat menggunakan tipe tata letak potret dan lanskap secara bersamaan dalam satu dokumen. Anda dapat menggabungkannya menjadi satu file tanpa harus memisahkannya.

Anda dapat menguji cara membuat tata letak vertikal dan horizontal di dokumen Word melalui Microsoft Word di versi 2007, 2010, 2013, versi terbaru dan versi lama lainnya.

Meskipun setiap versi Microsoft Word terlihat sedikit berbeda. Namun, membuat halaman potret dan lanskap dalam dokumen tidak akan jauh berbeda.

Baca juga: Cara menggabungkan potrait dan landscape di Word

Berikut tutorial membuat layout horizontal dan vertikal pada file Microsoft Word di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer atau laptop Anda.
  2. Word secara otomatis akan membuat halaman dengan layout vertikal.
  3. Buat halaman baru dengan mengklik menu Design> Breaks> Next.
  4. Halaman baru akan dibuat dalam format potret.
  5. Untuk mengubahnya menjadi landscape, klik menu Design> Orientation> Landscape.

Anda telah berhasil membuat halaman dengan format tata letak potret dan lanskap dalam satu dokumen. Untuk membuat halaman dalam jumlah besar, Anda dapat mengulangi instruksi yang dijelaskan di atas.

Anda juga dapat melakukan kebalikannya untuk mengubah tata letak dari horizontal ke vertikal dengan cara yang sama. Sangat mudah bukan?

Ini adalah bagaimana Anda dapat membuat tata letak vertikal dan horizontal di dokumen Word. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga berhasil!