Alasan Memilih Kamera Mirrorless

Bewellbook –┬áKamera mirrorless memang sedang menjadi tren belakangan ini. Produk ini berukuran kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ayo, dapatkan kamera mirrorless-mu! Simak tips kami dalam memilih kamera mirrorless agar tidak salah membeli!

Kamera Mirrorless Banyak Jadi Pilihan untuk Fotografi

Dunia fotografi memang menarik untuk dilakukan. Semakin banyak Anda datang ke sini, semakin banyak anak muda yang tertarik untuk bekerja di bidang ini. Melihat potensi tersebut, para pembuat kamera mengupdate teknologi kamera untuk memudahkan para penyuka fotografi menekuni hobinya.

Salah satu capaian teknologi kamera saat ini adalah hadirnya kamera mirrorless. Kamera jenis ini tidak memiliki kaca yang dapat meneruskan gambar yang tiba di lensa ke jendela bidik optik dan sensor kamera. Gambar yang diterima langsung masuk ke sensor. Ini memungkinkan Anda untuk melihat gambar yang ditangkap oleh lensa dan sensor secara langsung pada layar LCD.

Kamera mirrorless diperkenalkan ke publik pada tahun 2008. Namun, popularitasnya baru dimulai pada tahun 2011. Hal tersebut dikarenakan saat pertama kali muncul, kamera mirrorless hanya memiliki fitur standar sehingga dianggap kurang menarik. Namun saat ini, kamera mirrorless memiliki teknologi canggih dan sensor yang lebih besar, itulah sebabnya kamera ini menjadi lebih populer daripada kamera DSLR, yang menjadi pilihan para pecinta fotografi muda.

Kelebihan Kamera Mirrorless

Kamera mirrorless memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan kamera DSLR. Kamera ini jauh lebih ringan sehingga lebih leluasa dibawa kemana-mana. Ukurannya yang kecil membuatnya kurang terlihat dibandingkan DSLR. Ini juga membuatnya cocok untuk fotografi jalanan.

Hal keren lainnya tentang kamera mirrorless adalah mudah diganti. Kamera ini tidak memiliki lensa permanen. Anda bisa menggantinya sesuai dengan objek yang akan difoto.

Meskipun tidak memiliki cermin di CSC, kamera mirrorless nyaman digunakan. Tanpa cermin, Anda perlu menggunakan live view atau EVF untuk mengambil foto. Beberapa kamera mirrorless memiliki jendela bidik, yang lainnya tidak. Bagi yang tidak memilikinya, bisa dipasang dengan viewfinder kecil di hot shoe kamera. Harga gadget terbaru pun juga tidak mahal.

Tips Sebelum Membeli Kamera Mirrorless

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli kamera mirrorless, ada baiknya Anda menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apakah Anda membelinya untuk koleksi pribadi Anda? Atau apakah Anda akan menggunakannya untuk tujuan komersial? Jika hanya untuk kebutuhan pribadi, Anda tidak perlu memilih kamera mirrorless dengan spesifikasi yang terlalu tinggi. Berbeda jika Anda mencari kamera mirrorless untuk keperluan bisnis. Sebaiknya pilih kamera yang bagus agar hasilnya lebih memuaskan dan bisa menarik pelanggan.

Anda dapat memilih berbagai jenis kamera mirrorless sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk pemula misalnya, Anda bisa menggunakan kamera dengan fungsi sederhana. Anda tidak perlu membeli sesuatu yang terlalu rumit jika Anda tidak dapat memaksimalkannya.

Nah, bagi Anda yang menyukai fotografi untuk pekerjaan, Anda bisa memilih kamera yang bagus dengan fitur yang mumpuni. Harganya memang mahal, tapi sudah pasti sepadan dengan hasil yang memuaskan.

Cek Fiturnya

Kamera mirrorless tersedia dengan berbagai merek di pasaran. Setiap merek memiliki ciri khasnya masing-masing yang pastinya menarik untuk dilihat. Nah ketika kamu membeli kamera mirrorless, kamu juga bisa membelinya berdasarkan fungsi yang ada.

Beberapa fitur kamera mirrorless yang paling dicari adalah ISO besar, kecepatan rana 30 detik atau lebih, fungsi burst, sensor kamera minimal 4/3, dan fokus otomatis cepat. Selain itu, terdapat pula fungsi yang memudahkan akses ke kamera, seperti WiFi, Bluetooth, GPS dan layar sentuh.

Anda juga bisa memilih fungsi kamera sesuai aktivitas Anda. Bagi Anda yang suka eksplorasi, Anda bisa memilih kamera mirrorless dengan resolusi 16 megapiksel untuk foto dan 1080 untuk video. Bagi Anda yang suka berfoto di luar ruangan, Anda bisa memilih fitur dustproof dan waterproof agar kamera lebih aman dibawa.